Posted by : Shirayuki-chan Senin, 21 September 2020

Konnichiwa minnasan~ hmm sudah lama Shira gak ngeblog nih. Masih mengumpulkan mood buat lanjutin LN SAO Vol.23 nya. Maap ya yang nanyain terus kapan selesainya, Shira sedang berusaha kok~

Di postingan kali ini Shira mau berbagi cerita dan fakta, tentunya masih seputar SAO. Apalagi kemarin kan, SAO Alicization baru saja tamat di episode yang ke-47. Serta easter eggs yang mengejutkan dengan pengumuman diadaptasinya SAO Progressive. Beneran mengagetkan.

Visual pertama SAO Progressive

Seperti judulnya, adaptasi anime SAO masih akan berlanjut karena LNnya saja masih ongoing. Sehingga kemungkinan akan diadaptasinya arc Moon Cradle dan Unital Ring juga ada dalam genggaman. Entah harus menunggu berapa lama nantinya. Untuk adaptasi SAO Progressive, LNnya sendiri masih ongoing dan baru sampai di volume 6. Kalaupun nanti mau diadaptasi anime dalam waktu dekat ini, mungkin akan mengadaptasi dulu sebanyak 4 volume, dan kira-kira akan berjumlah 24 episode. Seperti dulu saat mengadaptasi arc Aincrad dan Fairy Dance. LN arc Aincrad berjumlah 2 volume, dan arc Fairy Dance berjumlah 2 volume juga.

Baiklah Shira akan mulai sesi cerita dulu ya, sebelum membeberkan sejumlah fakta. Check this out~

 1. Awal kenal SAO: "Sering lewat di beranda medsos, lalu diracunin saudara"

 

Kalian sendiri, awal kenal SAO darimana? Banyak yang mengatakan kalau SAO adalah anime yang kebanyakan membuat orang-orang menjadi wibu atau penyuka anime di level awal. Sayangnya Shira gak begitu. Hehe. Shira udah lama suka anime semenjak SD kok, gak dari saat diracunin SAO. Awalnya Shira juga bertanya-tanya: "SAO seseru apa sih? Rasanya banyak wibu yang ngomongin". Dan bener saja, setelah diracunin sodara Shira dan memang info/berita/memenya banyak berseliweran di medsos, Shira coba nonton Season 1nya dulu. Dan memang benar. Shira langsung suka begitu saja. Apalagi setelah melihat chemistrynya Kirisuna.

Kemudian lanjut ke Season 2nya, hingga ke ekstra edition dan SAOffline nya. Dan yah, Shira udah bener-benar keracunan SAO wkwkwk. Apalagi saat movie Ordinal Scale akan ditayangkan di bioskop Indonesia. Tentu saja Shira langsung nonton di bioskopnya, gak tunggu bluraynya rilis, hehehe.

2. Sering kena PHP tentang berita adaptasi arc Alicization? Kamu gak sendiri!

 

Yes yes~ usai menamatkan Season 2, Shira penasaran, katanya LN SAO itu masih ongoing. Karena saat itu arc Alicization juga LNnya masih ongoing, lebih tepatnya baru sampai di volume 17, Alicization Awakening. Dan Shira coba baca LNnya, mulanya dari volume 1, tapi karena Shira ingin tahu kelanjutan Season 2, jadinya Shira lompat (?) ke volume 9, Alicization Beginning. Setelah baca arc Alicization beberapa volume, waduh, masa sih arc seseru ini gak diadaptasi anime!?

Saat itu banyak info yang beredar kalau arc Alicization juga akan diadaptasi anime. Berita ini beredar dimana-mana sebelum adanya info rilisnya movie Ordinal Scale. Saat itu ada yang menyebutkan Alicization akan rilis tahun 2015 lah, tahun 2017 lah, dsb. Berulang kali kena php deh pokoknya. Dan barulah, easter eggs movie Ordinal Scale menjawab semuanya. Di endingnya yang memperlihatkan adanya gambar peta Centoria dan Gereja Axiom, serta Kikuoka yang menyebutkan "Selamat datang di Project Alicization". Auto riuh seisi bioskop kala itu lo, wkwk. 

3. Awal mula Shira-chan menjadi penerjemah LN SAO walau masih amatir.

 

Movie Ordinal Scale rilis di pertengahan 2017, dan Project Alicization pun rilis di bulan Oktober 2018. Penantian yang cukup lama setelah beberapa kali kena PHP. Well, Shira juga sempat gak percaya kalau arc Alicization beneran diadaptasi anime. Saat itu Shira juga masih baca LNnya di volume 17. Saat volume 18 Alicization Lasting rilis versi di situs sebelah, eh, tiba-tiba mereka gak lanjut nerjemahinnya karena sesuatu hal. Duh Shira udah gregetan, mana saat itu pengumuman adaptasi animenya sudah beredar!

Kemudian Shira menemukan situs fantranslation yang menerjemahkan LN SAO Vol.18 ke bahasa Inggris. Karena Shira udah bener-bener kebelet penasaran, akhirnya Shira coba terjemahkan LN sebanyak 300 halaman itu sendiri, karena gak ada situs lain yang nerjemahin ke bahasa Indonesia. Dan itulah awal mula proyek translate pertamaku sebagai penerjemah amatir. Yang saat itu kalau gak salah, masih di semester 4 kuliah. Dan yah, karena saat itu cuma Shira yang nerjemahin, dikejar-kejar terus sama netijen, kapan selesainya :( sampai sekarang juga gitu kan, hehe.

4. Jadi kang spoiler terbaik (?)

Heeh!? Kang spoiler!?
 

Wkwkwk judul macam apa ini :v usai menyelesaikan proyek translete pertamaku di vol.18, Shira malah jadi keterusan, karena memang gak ada lagi situs yang menerjemahkan LN SAO usai situs sebelah berhenti. Jadinya Shira teruskan menerjemahkan volume 19, 20, 21, dan baru diupdate di bulan Juni 2020 lalu, volume 22. Dan sekarang, Shira masih dalam proses nge-raw volume 23 dan 24. Jadi tolong bersabar ya semuanya~ Shira masih solo player ini u,u

Niat Shira yang sejak awal ingin membantu menjawab rasa penasaran para pembaca setia LN SAO yang terkatung-katung karena gak ada yang nerjemahin LNnya ke bahasa Indonesia, membuat blog Shira jadi semakin dikenali sedikit demi sedikit, karena apa? Ya karena LN SAO tentunya, hehe. Begitu juga dengan akun medsosnya Shira, mau itu fb, ig, atau twitter. Pasti selalu ada yang nanyain spoiler atau ini itu tentang SAO karena Shira translator LNnya. Ya walaupun terkadang pertanyaannya aneh-aneh sih xD Makasih loh atas kepercayaannya ke Shira ^^

5. Alicization, finally end~

Anime ver.

Light Novel Illustration

Ya, setelah beberapa kali terkena PHP, akhirnya arc Alicization benar-benar telah diadaptasi, dan benar-benar telah selesai dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun. Season pertama, Human Empire & Central Cathedral rilis sebanyak 2 cour sepanjang Oktober 2018-Maret 2019. Kemudian War of Underworld 1 sepanjang Oktober-Desember 2019, dan terakhir War of Underworld final sepanjang Juli-September 2020. Sekarang udah gak ada yang ditunggu lagi di minggu pagi deh~ perjalanan ini terasa sangat sangat panjang dan tak terasa sudah berakhir~

Shira benar-benar sangat berterima kasih pada pihak studio A1-Pictures yang telah mengadaptasi arc Alicization ini dengan baik (tentu saja, SAO kan gudang duid mereka :v). Walaupun ada beberapa scene yang tidak diadaptasi sesuai LNnya ataupun tak sesuai dengan ekspektasi LNnya. Kalian semua telah bekerja keras dengan baik, otsukaresama deshita!

Baiklah itu dia kisah Shira-chan dan SAO. Dan selanjutnya adalah beberapa fakta tentang SAO yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Apa itu SAO Progressive?


Easter eggs di episode final SAO Alicization kemarin memperlihatkan kalau SAO Progressive akan diadaptasi anime. Dengan adanya scene Asuna dan latar tahun 2022, dimana insiden SAO belum terjadi saat itu, alias game SAO baru dirilis. Lalu apa sebenarnya SAO Progressive itu?

SAO Progressive masih berlatar sama di era Aincrad. Bedanya, disini ceritanya lebih detail, dan berada di sudut pandang Asuna saat pertama kali masuk ke dalam SAO. Dalam Progressive ini juga diceritakan lebih banyak perjalanan leveling Kirito dan Asuna, alias sebelum sekuat di era Aincrad di SAO Season 1. Dengan kata lain, Kirito belum bertemu Sachi. Kirito belum masuk guild manapun, begitu juga dengan Asuna yang belum masuk guild KoB. 

Selain itu di SAO Progressive karakter Argo akan lebih banyak muncul. Jika di SAO Season 1 dia hanya muncul sekilas, di Progressive dia akan selalu ada di sekitar Kirito dan Asuna. Selain itu akan ada karakter tambahan lainnya seperti NPC ras elf yang bernama Kizmel. Pokoknya di Progressive ini benar-benar menceritakan perjalanan leveling Kirito dan Asuna selama menjelajahi SAO dari lantai dasar sampai teratas, lebih detil dari SAO era Aincrad di LN ataupun animenya.

2. Apakah Shira-chan akan menggarap Progressive juga?

Garap tidak ya... yang Unital Ring aja dikejar-kejar terus...

Ooo... Tentu saja, selama belum ada yang nerjemahin ke bahasa Indonesia. Heheh.

Sebenarnya Shira belum pernah baca Progressive sama sekali, baik itu LN atau manganya. LNnya ada 6 volume, dan manganya baru sampai chapter 40an. Shira baru nerjemahin LN Progressive volume 1 sebanyak 25%nya aja, karena mau fokus ke Unital Ring dulu... Semoga Shira diberi kesehatan dan kekuatan deh buat terus garap... haha

3. Kapan kira-kira Progressive akan tayang?

 

90% dari kalian pasti salpok ke tahun yang tertera di teaser perdana anime SAO Progressive, yang menunjukkan tanggal 6 November 2022. Dan kalian menganggap itu adalah tanggal tayangnya anime Progressive, yakan? Padahal.... Bukan itu lo.

6 November 2022 adalah saat game SAO dirilis lo... Bukan tanggal tayang animenya... Jangan salpok hei...

Perkiraan kapan tayangnya kita masih belum bisa tebak Bisa lebih cepat atau lambat. Bisa jadi di tahun 2021 nanti, atau samaan seperti gamenya rilis, di tahun 2022? Masih misteri. Pokoknya ditunggu sajalah update beritanya~ atau kalian cek aja berkata ke situsnya di sao-p.net

4. Bagaimana dengan adaptasi arc Moon Cradle?

Tentu kalian tahu pakaian yang dipakai Kirisuna kalau udah baca LN vol 19-20...

Momen uwu Kirisuna di LN vol.20 >///<

Hohoho... Sejumlah penonton apalagi LN reader emang kecewa karena arc Moon Cradle gak diadaptasi anime juga. Kalau mau diadaptasi, Shira rasa gak akan cukup kalau berbentuk movie. Mungkin ova? Atau malah, series lagi? Padahal di episode 46 SAO Alicization kemarin, udah muncul spoiler keras Moon Cradle lo~ dengan itu jadi harap-harap cemas, Moon Cradle diadaptasi anime gak ya? Padahal mau lihat Ronye long hair, dan... momen uwu Kirisuna T.T

5. Bagaimana dengan Unital Ring? Apa makna Kirito will return?


Kalau Unital Ring.... Jangan ngarep dulu lah. Arc ini masih butuh waktu lama untuk diangkat ke anime. LNnya aja baru sampai Unital Ring 3 di volume 24. Mungkin tunggu sampai Unital Ring 4? Mungkin itulah makna Kirito will return, mengingat kalau Progressive Kirito bukan lagi tokoh utamanya, karena menceritakan dari sudut pandangnya Asuna.

Arc Unital Ring adalah arc terakhir SAO. Dan kemungkinan SAO akan tamat setelah arc ini berakhir. Karena... Apalagi yang mau diceritakan? Kelanjutan perkembangan teknologi SAO ada di Accel World, dan Accel World memang bagian dari masa depan era SAO. Sehingga jangan aneh kalau ada beberapa scene disana yang ada sangkut-pautnya dengan era SAO.

Nah... Shira akhiri dulu postingan kali ini. Ternyata panjang juga wkwk

Semoga ceritanya Shira ini menambah inspirasi (?) kalian ya ^^

{ 7 komentar... read them below or Comment }

  1. Shira, spoilerin dikit dong.. Bagaimana bisa kirito dan asuna dipanggil star king dan star queen? Kenapa underworld bisa punya pesawat dan luar angkasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kakak ingin tau kenapa dieps terakhir pas kirito, asuna, alice kembali ke underworld terus dijemput jet temput, coba baca LNvolume 19-20 moon cradle, disitu ada prototypenya.

      Hapus
  2. Sesekali lah bahas teori konspirasi kirisuna (~ ̄³ ̄)~

    BalasHapus
  3. Semangat Shira-chan, kalau sudah jadi fans berat SAO emang ngga bisa nahan diri buat baca LN nya. Selalu berharap agar semua volume LN nya diadaptasi jadi anime :)

    BalasHapus
  4. Sayang sekali Shira-chan, tapi udah ada website yang menggarap Sword Art Online: Progressive hingga ke volume 6 pertengahan.

    BalasHapus
  5. Kak shira juga bakal bahas enggak sword art online alternative

    BalasHapus
  6. Kereeen banget kak,, semangat terusss

    BalasHapus

Hajimemashite!

SHIRAYUKI-CHAN
Sabar dong boss. 

Traktirnya dong~

Traktirnya dong~
KLIK DISINI

PROGRESS SAO VOL 27

PROGRESS SAO VOL 27

HEY HEY!!

HEY HEY!!

Visitor

Temukan Kami di Facebook

- Copyright © 2013 Shirayuki-chan's Blog -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -